Kintamani Bali

Salah satu tempat wisata favorit yang wajib di kunjungi jika anda berlibur ke Bali yaitu Kintamani Bali. Kintamani terkenal dengan keindahan danau dan gunung vulkanik Batur.  Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan domestic maupun mancanegara, apalagi saat musim liburan tiba, tentunya kunjungan wisatawan ke Kintamani akan membludak. Ramainya kunjungan wisatawan ke tempat ini, membawa rejeki bagi penduduk lokal, karena mereka bisa menjual hasil kerajian yang dibuat maupun hasil pertanian kepada wisawatan seperti : jeruk, tomat, jeruk Bali dan lainnya. Sebagian besar penduduk di Kintamani merupakan petani, seperti petani sayur, jeruk, tomat dan  tanaman holtikultura lainnya.  Lokasi atau tempat terbaik melihat keindahan Kintamani yaitu dari desa Penelokan. Desa ini cocok untuk melihat keindahan danau dan gunung Batur karena letaknya yang berada di ketinggian, sehingga danau Batur terlihat jelas berada di bawah.

Bagaimana menuju Kintamani Bali

Kintamani merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Untuk menuju tempat wisata ini tidak begitu sulit, karena  banyak akses yang bisa dilalui menuju Kintamani. Disamping banyaknya akses jalan yang menuju Kintamani , papan penunjuk jalan yang memadai juga mempermudah wisawatan untuk menuju tempat wisata ini.  Jalur yang bisa dilewati jika dari arah Kuta seperti jalur Ubud ke Utara atau melewati jalur Bangli jika akan ke Desa Penglipuran.  Jika anda menginap di daerah Kuta, untuk mencapai tempat ini dapat ditempuh sekitar 2 jam berkendara.

Lihat peta di bawah sebagai panduan menuju Kintamani.

Daya tarik Kintamani Bali

Sebagai daerah tujuan wisata, Kintamani didukung oleh fasilitas yang tergolong lengkap, mulai dari restoran, tempat parker, rumah makan, penginapan, toko seni dan lainnya. Daya tarik utama dari Kintamani adalah keindahan alam pegunungan dengan udara yang segar dan suhu berkisar 21 derajat Celsius pada siang hari. Berikut daftar daya tarik wisata yang bisa anda kunjungi jika ke Kintamani yaitu :

  1. Gunung Batur

Kintamani Bali

Gunung Batur merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini, gunung ini memiliki ketinggian 1,717 meter diatas permukaan laut. Gunung Batur memiliki kaldera yang merupakan salah satu kaldera terbesar di dunia yang berukuran 13,8 x 10 kilometer.  Gunung ini telah berkali – kali meletus yang tercatat mulai tahun 1804 hingga tahun 2005 sebanyak 26 kali. Letusan gunung Batur yang paling dahsyat tercatat pada tanggal 2 Agustus dan letusan berakhir pada tanggal 21 September 1926.

Bagi wisatawan yang suka tantangan dan petualangan, gunung Batur menjadi salah satu tempat terbaik untuk mendaki melihat matahari terbit selain gunung Agung.  Rute pendakian gunung Batur terbilang lebih mudah jika dibandingkan dengan rute pendakian di gunung Agung, ini menjadi salah satu alasan gunung Batur banyak pendaki baik wisatawan asing maupun lokal.

Silahkan klik gambar di bawah untuk melihat secara detil trekking gunung Batur.

mendaki gunung batur bali

  1. Danau Batur

danau batur

Danau Batur merupakan danau yang terluas di Bali dan terletak di lereng gunung Batur. Danau Batur memiliki air yang sangat jernih dan dimanfaatkan sebagian penduduk lokal untuk membuat keramba untuk memelihara ikan. Keramba  dari penduduk lokal hanya memelihara ikan mujair yang dijual di pasar – pasar tradisional sekitaran Kintamani.  Selain menjadi daya tarik wisata, banyak penghobi memancing datang ke danau Batur untuk menyalurkan kegemarannya.  Keindahan danau Batur akan terlihat sempurna dari desa Penelokan yang berada di ketinggian.

  1. Museum Gunung Api Batur

museum gunung api batur

Meseum Gunung Api Batur  terletak di kawasan wisata Penelokan, Kintamani. Jika anda masuk ke dalam museum, anda akan menemukan berbagai jenis bebatuan dari Gunung Api Batur lengkap dengan penjelasannya. Pengunjung juga dapat melihat foto – foto gunung api Batur serta foto – foto gunung api yang berada di Indonesia.  Selain foto – foto gunung Batur, pengunjung juga disuguhkan dengan film dokumenter  tentang perkembangan dan sejarah letusan – letusannya yang dahsyat.

  1. Desa Penelokan

desa penelokan kintamani

Desa Penelokan merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat keindahan danau dan gunung Batur. Lokasi desa Penelokan yang berada di ketinggian menjadikan tempat ini sebagai favorit jika berkunjung ke Kintamani. Dari desa ini, danau Batur terlihat keindahannya yang berdampingan dengan gunung vulkanik Batur.

  1. Air Panas Toya Bungkah

Toya Bungkah

Toya Bungkah merupakan sebuah desa yang berada di kaki gunung Batur. Toya Bungkah terkenal dengan tempat pemandian air panas, karena memiliki sumber mata air panas dari gunung berapi Batur. Banyak wisatawan yang datang bersama keluarga ke Toya Bungkah untuk berendam di kolam pemandian air panas ini. Selain wisatawan lokal, wisatawan asing juga banyak mengunjungi tempat pemandian air panas ini sehabis mereka mendaki gunung Batur. Karena dengan berendam atau mandi air panas akan membuat badan rilek kembali setelah kelelahan naik gunung. Kolam pemandian air panas juga memiliki pemandangan yang indah, karena kebanyakan kolam yang dibangun tepat berada dipinggir danau Batur.

  1. Pura Ulundanu Batur

pura ulundanu batur

Pura Ulundanu Batur adalah salah satu pura Sad Kahyangan yang ada di Bali. Pura ini berada pada ketinggian sekitar 900 meter diatas permukaan laut, yang berada di kawasan Desa Kalanganyar, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Pura Ulundanu Batur adalah pura tempat memenuja Dewi Danu sebagai dewi kesuburan yang telah memberi kemakmuran. Yang unik dari pura Ulundanu Batur adalah adanya Klenteng di areal pura. Yang dipuja di Klenteng tersebut adalah Ida Ratu Gede Ngurah Subandar atau Kongco Cong Po Kong.

Harga Tiket Kintamani Bali

Sebagai destinasi atau daerah tujuan wisata, pengunjung akan dikenakan biaya masuk untuk mengunjungi kawasan wisata Kintamani. Tiket masuk yang dikenakan yaitu Rp. 15,000/orang. Walaupun ada banyak akses menuju kawasan wisata Kintamani, tetapi setiap jalur akses menuju kawasan wisata ini terdapat pos penjagaan untuk membeli tiket.

Tour ke Kintamani Bali

Jika anda berencana berlibur ke Bali dan mengunjungi Kintamani, kami menyediakan beberapa pilihan paket tour Bali yang  itinerarynya atau jadwal tournya mengunjungi Kintamani. Paket Tour Bali dengan itinerary ke Kintamani kami kemas menjadi beberapa pilihan, ada yang termasuk hotel, ada yang tanpa hotel, untuk group, untuk keluarga maupun tour harian.

Untuk melihat lebih jelas atau detil tour dengan itinerary ke Kintamani, silahkan klik gambar masing – masing pilihan tour.

tour bali termasuk hotel
tour bali tanpa hotel
Paket Tour Group Bali
paket tour harian bali
paket liburan bali untuk keluarga

Selain paket tour Bali yang kami sediakan, jika anda berencana menyewa mobil untuk keliling pulau Bali, maka kami sarankan menyewa mobil sudah termasuk sopir. Menyewa mobil sudah termasuk sopir lebih memudahkan dan tentunya waktunya lebih efisien. Selain itu sopir kami akan membantu anda mengatur rute perjalanan dan menyarankan tempat – tempat wisata yang dikunjungi dalam satu rute tour. Berikut ini kami berikan pilihan kendaraan yang bisa anda sewa di Bali, baik untuk pasangan, rombongan kecil maupun rombongan dengan jumlah besar.

Pertanyaan dan pemesanan, klik di bawah!

Booking via WA


Booking via Telp

×
Hai, ada yang bisa dibantu?